Subscribe:

Pages

Monday 11 April 2011

Dilanda Virus (kah?)

Dua hari yang lalu, laptop ini melemot karena banyak sekali aplikasi yang berjalan di task manager. Lalu ada beberapa executory file yang saya anggap mencurigakan karena berisi kombinasi huruf dan angka, yang jarang saya temui di laptop lain. Dan yang paling mencurigakan menurut saya adalah yang bernama zly0i.exe..

Karena takut terserang virus, maka saya putuskan untuk menginstall Avast sebagai anti virus pertama yang saya install di laptop ini sejak terakhir kali diinstall ulang (sebelumnya cuma make Smadav). Ternyata dengan diinstallnya antivirus tersebut, file-file sistem laptop saya malah teridentifikasi telah terinfeksi virus-virus, lalu dikarantina, dan akhirnya ga bisa masuk windows.. Lalu diinstall ulang lah ini laptop..

Sudah lebih dari lima kali install ulang laptop dalam sehari, masalahnya tetap sama, zly0i.exe tetap muncul, lalu install anti virus, di update, lalu file sistemnya "kena" lagi..

Hari ini pun sama, awalnya saya kapok untuk menginstall antivirus, tapi si Tegar (adek kosan) bilang antivirus yang dipake dia ga lebay (nyerang semua file .exe) dan cukup memberikan keamanan bagi laptopnya (antivirus yang dia pakai adalah Eset NOD32), maka saya coba lah install di laptop..
Setelah saya install, ternyata sama saja, file sistem di laptop tetap teridentifikasi sebagai virus.. #sedih..

Akhirnya, sebelum si antivirus bertindak lebih jauh terhadap file sistem tersebut yang berdampak sistemik pada saya yang harus membuang-buang waktu untuk menginstall ulang lagi laptop untuk yang ketujuh kalinya, maka saya matikan antivirusnya sampai KTTA selesai..

Di tengah kegalauan yang melanda akibat data KTTA baru bisa didapat tanggal 14 nanti,semakin bertambah pula ujian kesabaran.. Semangat!

Saya kasih gambarnya deh.. Buat yang ngerti kenapa sampe bisa begitu, saya minta pencerahannya ya..Monggo komen di postingan ini.. :)

4 comments:

zack kudus said...

waduh, koq sama ya sob, punyaku sudah 2X install ulang, dan berbagai maca AV , tetep aja nongol,,,ikutan sedih nie sob,,,,

gibraltar3689 said...

mas agus
ternyata eset nod32 itu berhasil mengarantina zly0i.exe itu lho mas. dicoba aja. di google juga banyak yang menyediakan..

salam kenal mas agus..

david said...

salam kenal

G Punya masalha yg sama dan sangat mengesalkan sekali, mau tanya itu NOD32 nya yg mna ya yg smart security apa yg Antivirus..???
Trims

gibraltar3689 said...

salam kenal juga mas david

saya pakai yang antivirus mas. mungkin setelah menggunakan agak mengesalkan karena banyak notif yang keluar. Tapi saya sih sabar-sabar aja, yang penting virusnya hilang..

Oh iya, klo notif2 itu keluar dan minta menghapus file2 yang terindikasi kena virus, diseleksi aja. Hapus yang mencurigakan. klo saya sih by feeling, soalnya saya juga ga begitu ngerti mendalam tentang komputer. hehe..

Post a Comment